Undana Kembali Meraih WTP

Universitas Nusa Cendana (Undana), kembali meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Kantor Akuntan Publik atas laporan keuangan Undana tahun 2019. Tahun sebelumnya 2018, perolehan opini WTP serupa juga pernah diraih oleh Undana. “Jadi perolehan opini WTP ini merupakan kehormatan dan penghargaan yang perlu disyukuri bersama,” kata Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Ir. Jalaludin, M.Si saat diwawancara secara eksklusif di ruang kerjanya lantai dua Undana Penfui, Senin (3/8/2020).

Warek II menjelaskan, capaian ini merupakan yang kedua kalinya, berturut-turut dari 2018 dan 2019. Khusus masa audit  2020, proses masa audit sedang berjalan sejak 1 Januari hingga 31 Desember 2020, dan sedang menunggu hasil audit dari Kantor Akuntan Publik. “Perolehan opini WTP membuktikan bahwa pengelolaan keuangan telah dikelola secara profesional, efektif dan efisien.

Selain itu, katanya, telah sesuai dengan standar akuntansi pemerintah memenuhi aspek kewajaran dan kecukupan dalam mengungkapkan kepatuhan terhadap ketentuan perundang-undangan dan efektivitas pengendalian internasl.

Disisi lain, menurut mantan Wakil Dekan II Fakultas Peternakan Undana ini, bahwa perolehan WTP itu membawa konsekuensi bahwa Undana selalu meningkatkan pengelolaan keuangan dan aset negara secara tertib, efektif. Efisien, transparan dan akuntabel dengan menerapkan kaidah-kaidah pengelolaan keuangan dan aset Undana yang baik sesuai undang-undang.

Karena itu ia meminta agar seluruh warga Undana bersatu dan berkomitmen untuk terus menyempurnakan tata kelola aset Undana dengan baik, terkait dengan perangkat lunak dan perangkat kerasnya. Disamping, itu katanya, penguatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia pengelolaan barang di semua unit kerja termasuk pengembangan aplikasi untuk menatausahakan aset Undana.

Wakil Rektor Undana, Jalaludin berharap, agar prestasi itu dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya. Oleh karena, ia mendong kerjasama dan komitmen seluruh elemen semua unit kerja Undna untuk terus meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi masyara. Ini perolehan yang membutuhkan kerja dan sinergitas semua pihak, terutama dalam mengelola keuangan Undaa. Ini perolehan yang membutuhkan kerja keras dan sinergitas semua pihan, terutama dalam pengelolaan keuangan Undana. Sejak awal kepemimpinannya, ia terus memantau perbaikan laporan, terutama masalah aset  terus ia memantau perbaikan laporann, terutama masalah aset. Karena itu,   kedepan pihaknya menghimbau kepada seluruh pimpinan unit kerja yang ada di lingkungan Undana harus melakukan pengawasan dan terus  ditingkatkan, katanya. (ds)

Comments are closed.