Pos Kupang Siapkan Kanal Khusus Undana

Harian Umum Pos Kupang yang saat ini memiliki Portal Berita Online bakal menyiapkan kanal khusus bagi Universitas Nusa Cendana (Undana) dengan nama Undana. Hal ini menyusul adanya penandatanganan nota kesepahaman  antara Undana dan Manajemen PT. Timor Media Grafika tanggal 18 Maret lalu.

Hal ini disampaikan Pimpinan Manajemen PT. Timor Media Grafika  Erniwati Madjaga ketika memberi penjelasan dalam rapat terbatas dengan Wakil Rektor Bidang Keuangan Ir. Jalaludin, M.Si dan Tim Humas dan informasi Undana di Lantai Tiga Rektorat Undana, Kamis (25/3).

Hadir pada kesempatan itu, Jurnalis Pos Kupang Paul Burin, Kabag Akademik Undana, Yane Ay, M.Pd, Ketua Satgas Humas & Informasi, Dr.Jefry Bale, M.Eng, Wakil Satgas Humas & Informasi, Noya Letuna, MA dan Kasubag Bagian Sistem & Informasi, Hendro Supranoto, M.Si.

Erni dalam penjelasannya mengatakan, kupang.tribunnews.com yang merupakan jaringan dari Tribune Network siap membantu Undana guna meningkatkan visibility website Undana, undana.ac.id. Ia menambahkan, kupang.tribunnews.com saat ini tengah ditargetkan mendapat satu juta pengunjung dalam sehari.

Dengan adanya kanal Undana, ungkap dia, Undana diberi ruang untuk mengisi sejumlah informasi maupun berita pada kanal dimaksud. Minimal satu berita perharinya, ungkap Erni. Kanal tersebut juga dilengkapi banner yang bisa diisi informasi-informasi lain seperti iklan, jadwal-jadwal seminar dan lainnya.

Ia menjelaskan, pada bagian kanal tersebut bisa diintegrasikan dengan website Undana sehingga ketika info diklik akan langsung menuju website Undana atau sub menu fakultas dimaksud. Misalnya, jika salah satu pengumuman di bagian kanal tersebut berasal dari Fakultas tertentu, yang jika di-klik, maka akan diarahkan ke website Undana atau ke sub menu fakultas dimaksud.

Pada bagian berita, ungkap dia, Pos Kupang bisa menerima rilis yang disediakan tim Humas dan Informasi Undana untuk dipublikasikan. Kendati demikian, tambah Erny, tidak semua berita bisa dimuat dalam bentuk fisik-print, karena keterbatasan ruang dalam fisik koran.

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Ir. Jalaludin, M. Si menyatakan pertemuan tersebut merupakan perkenalan Undana- Pos Kupang guna membahas hal-hal teknis terkait kerjasama tersebut.

“Rapat ini sebenarnya semacam perkenalan Pos Kupang dan Tim Humas dan Informasi Undana untuk menyikapi penandatanganan nota kesepahaman Pos Kupang dan Undana beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Ia menambahkan, pertemuan tersebut akan menentukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKs) antara kedua belah pihak. Mantan Wakil Dekan II Fapet itu mengaku, dengan adanya kanal tersebut Undana harus bisa mengisi konten tersebut secara baik dengan berita, iklan, pengumuman dan lain sebagainya.

Pihaknya menjelaskan, dalam catatannya, sebulan berita Undana yang terbit di Pos Kupang hanya enam kali. Untuk itu, dengan kerjasama itu, pihaknya berharap dalam sehari minimal ada satu atau dua berita maupun informasi lainnya dari Undana bisa termuat di online tribunnewskupang.

Salah satu anggota tim Humas dan Informasi Undana, Hendro Supranoto, M.Si dalam rapat tersebut menyatakan, kerjasama Undana dan PK ini merupakan salah satu strategi yg ditempuh untuk meningkatkan poin visibility yang bobot penilaiannya 50% yaitu dengan cara meningkatkan backlink atau mempublikasikan dan mempopulerkan informasi pada domain https://undana.ac.id, di domain eksternal seperti PK. Hal tersebut untuk mendongkrak peringkat Undana. Karena itu, ia berharap kerjasama tersebut bisa kembali meningkatkan peringkat Undana, dan PK dapat membantu Undana dalam hal publikasi skala nasional maupun skala internasional untuk peringkat webometrics nantinya. (rfl/nyl)

Comments are closed.