PLN Diminta Selesaikan Jaringan Listrik di Undana

Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur (UIW NTT) diminta selesaikan masalah jaringan listrik di lingkungan Universitas Nusa Cendana (Undana). Pasalnya, beberapa tahun belakangan ini jaringan listrik di kampus tersebut kerap mengalami kendala.

Permintaan itu disampaikan Wakil Rektor (Warek) II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Ir. Jalaludin, M. Si ketika berdiskusi dengan Manejer ULP PLN UIW NTT, Hendra M. Aditia dan SPV Teknik Afrian Teguh Prasetyo di Ruang Kerja Lantai II Rektorat Undana, Jumat (5/3/2022).

Warek II pada kesempatan itu meminta penjelasan PLN terkait masalah jaringan listrik, yang kerap mengganggu jalannya aktivitas pegawai dan dosen di Undana. Pihaknya meminta, PLN segera mencari solusi terbaik mengatasi aliran listrik yang kerap terputus, dan mengalami over load maupun spanning aliran.

Ia juga meminta PLN memasang meteran di beberapa gedung strategis di Undana yang menjadi pusat aktivitas mahasiswa dan dosen, seperti di gedung Puskom, Auditorium, Student Center dan lainnya.

Terkait dengan pembagian aliran listrik di tiga jalur, jelas Mantan Wadek II Fapet itu meminta aliran listrik di setiap jalur harus berimbang sehingga tidak membebani jalur lainnya. Pada kesempatan itu, pihaknya juga menyayangkan tindakan PLN yang mengancam putuskan jaringan listrik di Undana pada beberapa waktu lalu. Menurutnya, hal itu tidak etis dilakukan PLN karena Undana dan PLN merupakan mitra serta menjadi bagian dari lembaga  dan perusahaan di bawah kendali pemerintah.

Sementara Manejer ULP PLN UIW NTT, Hendra M. Aditia dalam penjelasannya siap merespon keluhan yang disampaikan Undana melalui Warek II. Menurutnya, salah satu masalah yang sering terjadi adalah adanya ketidakseimbangan aliran listrik di tiga jalur. Sebab, kata dia, Undana memiliki tiga jalur aliran listrik.

Hendra menyebut, kondisi jaringan listrik di Undana bisa dikatakan tidak layak. Sebab, ada kabel yang sudah lama dan ketahanan isolasi juga sudah jelek. Padahal menurutnya, Undana bisa saja menggunakan aliran listrik di Gardu yang berlokasi di kampus.

Ia  katakan, PLN akan mengambil tindakan dengan menggabungkan kabel yang masih bisa dipakai. Salah satunya  jaringan menuju ke arah Fakultas Kedokteran. Saat ini, ungkap Hendra, Undana tengah menggunakan sumber aliran dari satu jalur saja. Padahal Undana memiliki tiga jalur aliran listrik. Karena itu, PLN akan menindaklanjuti permintaan Undana untuk segera melakukan instalasi jaringan listrik di beberapa titik serta memperbaiki kerusakan ketahanan isolasi.

Selain itu, jika menggunakan jasa kontraktor, sambung dia, konsultan juga bisa memberi masukan yang baik agar pemasangan kabel pada satu jalur tidak membebani jalur lainnya (rfl).

Comments are closed.