Menanam Mangrove di Kelurahan Oesapa

Kegiatan Penanaman Mangrove di Pesisir Pantai Kelurahan Oesapa oleh Dosen dan Mahasiswa Fakultas Kelautan & Perikanan Undana.

Tanaman Mangrove adalah jenis tanaman dikotil yang hidup di habitat air payau dan air laut. Tanaman Mangrove menjadi salah satu solusi yang sangat penting untuk mengatasi berbagai jenis masalah di lingkungan Pesisir. Kerusakan lingkungan pesisir tidak hanya berdampak pada pesisir itu sendiri, akan tetapi juga berdampak pada manusia.

Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan beserta beberapa Dosen melakukan kegiatan penanaman Mangrove di Lingkungan pesisir pantai Kelurahan Oesapa. Kegitan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran sekaligus membudayakan gemar menanam dan memelihara pohon Mangrove sebagai sikap kebiasaan hingga menjadi suatu budaya, khususnya pada masyarakat ekosistem mangrove dan hutan pantai.

Hal demikian dilakukan karena melihat beberapa manfaat dan keuntungan yang didapatkan dari tanaman Mangrove;

Mencegah Erosi Pantai; Hutan mangrove menjadi salah satu tempat yang bisa menjaga perbatasan antara kawasan darat dan laut. Erosi pantai akan terus menggerus permukaan bumi sehingga mengancam lingkungan manusia. Bahkan kondisi serius bisa menjadi bencana alam yang besar. Hutan mangrove menjadi salah satu sarana yang sangat penting untuk menyelamatkan garis pantai dari perairan laut.

Habitat Perikanan; Kawasan hutan mangrove adalah salah satu tempat yang paling nyaman untuk beberapa jenis mahluk hidup dan organisme. Beberapa spesies seperti udang, ikan dan kepiting banyak berkembang biak di kawasan hutan mangrove. Sementara manusia membutuhkan beberapa mahluk hidup tersebut sebagai sumber nutrisi dan bahan makanan yang penting untuk kesehatan.

Menjaga Kualitas Air dan Udara; Kawasan hutan mangrove juga membantu manusia dalam mendapatkan air bersih dan udara yang segar. Kawasan hutan mangrove memiliki fungsi untuk menyerap semua kotoran yang berasal dari sampah manusia maupun kapal yang berlayar di laut. Manfaat hutan mangrove bagi kehidupan adalah menyerap semua jenis logam berbahaya dan membuat kualitas air menjadi lebih bersih. Selain itu mangrove juga membantu alam dalam mendapatkan kualitas udara yang lebih baik dan bersih.

Sumber Pendapatan Bagi Nelayan Pantai; Masyarakat yang tinggal di kawasan pantai biasanya banyak bekerja sebagai nelayan. Mereka mencari ikan dan berbagai sumber daya untuk menopang ekonomi keluarga. Manfaat kawasan hutan mangrove menjadi tempat yang paling sesuai untuk pembibitan ikan, udang dan berbagai potensi habitat laut lainnya. Kawasan hutan mangrove telah membantu menjaga ketersediaan sumber daya ikan di laut yang tidak akan habis. Sumber daya tersebut dapat dimanfaatkan oleh nelayan sebagai sumber mata pencahariannya. Ditulis Oleh Aris Ndena Njata, S.Pi

Foto Bersama Kegiatan Penanaman Mangrove di Pesisir Pantai Kelurahan Oesapa, Dokumentasi Oleh Mahasiswa Fakultas Kelautan & Perikanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *