Kunjungan Kerja Kabid Humas Polda NTT Ke Undana

  • Perkuat Kerja Sama

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kombes (Pol) Rishian Krisna Budhiaswanto, SIK melakukan kunjungan kerja perdana ke Universitas Nusa Cendana (Undana), Rabu (17/3) guna bersilaturahmi dengan Rektor Prof. Ir. Fredrik L.Benu, M. Si., Ph.D beserta jajaran pimpinan Undana. Hadir pada kesempatan itu, Wakil Rektor (Warek) Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Ir. Jalaludin, M. Si, Warek Bidang Kemahasiswaan Dr. Siprianus Suban Garak, M. Sc dan Warek Bidang Kerjasama dan Alumni, Ir. I Wayan Mudita, M.Sc., Ph. D.

Kunjungan tersebut semakin memperkuat komitmen kerjasama Undana dan Polda NTT yang sudah terjalin selama ini. Silaturahmi itu membahas sejumlah hal, diantaranya terkait keterlibatan perguruan tinggi dalam mendukung kamtibmas di NTT, dan peran Undana dalam meningkatkan SDM Polri.

Kabid Humas Polda mengaku, pihaknya perlu membangun silaturahmi lebih teknis dengan berbagai stakeholder, termasuk Undana dalam rangka mengejahwantakan program Polri yang lebih prediktif, responsif dan transparan-berkeadilan.

“Jadi salah satunya kami bangun kerjasama di bidang pendidikan. Kemarin kami sudah ke Universitas Muhammadiyah dan hari ini ke sini, meminta masukan dan dukungan kerjasama dari pihak Undana,” ungkap Krisna ketika berdiskusi dengam Rektor Undana, Prof. Fred Benu di ruang kerja lantai dua Rektorat Undana Penfui, Rabu (17/3).

Pihaknya berharap mahasiswa Undana bisa dilibatkan dalam upaya menciptakann kamtibmas di wilayah hukum Polda NTT. Selain itu, Humas Polda NTT juga siap memfasilitasi mahasiswa yang ingin memberikan masukan terhadap kerja-kerja kepolisian. “Kita akan fasilitasi mahasiswa Undana agar bisa menempatkan diri bersama Polda NTT. Bagi mahasiswa yang ingin menulis, kami menyiapkan media khusus Tribata News yang terbit bulanan, agar mahasiswa bisa menuangkan tulisannya di sana,” terang mantan Kapolres TTU itu.

Dengan kehadiran Tribata News yang dikelola Humas Polda NTT, sambung Krisna, tidak saja menjadi penerangan di satuan Polda saja, tetapi bagi masyarakat umum. Kabid Humas Polda NTT juga meminta pihak Undana,  agar berkenan mengizinkan pihak kepolisian memberi kuliah umum kepada mahasiswa Undana, terkait tugas-tugas kepolisian dan peran mahasiswa dalam menjaga kamtibmas.

Guna meminimalisir adanya penyebaran hoaks dan ujaran kebencian di media sosial, Polda NTT juga sudah menggencarkan cyber-crime untuk memantau akun-akun yang kerap membuat gaduh jagad maya maupun nyata.  Pihaknya juga meminta mahasiswa Undana agar tertib lalu lintas, lantaran tingkat kematian akibat lakalantas masih menjadi nomor satu di Indonesia.

Rektor Prof. Fred Benu ketika menerima kunjungan Kabid Humas Polda NTT, menjelaskan, sebelumnya Undana telah melakukan kerjasama dengan Polda NTT. Kerjasama itu, jelas Prof. Fred, anggota Pori di Polda NTT diizinkan mengambli S-1 dan S-2 Ilmu Hukum. Bahkan hingga S-3 Ilmu Administrasi Negara.

Rektor mengungkapkan, Undana juga sejauh ini sudah memberikan pelatihan bagi purna bhakti Polda NTT agar tetap produktif di usia senja. “Kami memiliki Lab Lahan Kering Kepulauan. Para purna bhakti Polri bisa belajar bagaimana bercocok tanam dengan sistem irigasi tetes, beternak atau memelihara ikan,” ungkapnya.

Soal kuliah umum, ungkap Prof. Fred, sebelum pandemi, Undana pernah meminta pihak Polda NTT guna membawakan materi wawasan kebangsaan bagi mahasiswa baru Undana. Prof. Fred mengungkapkan kerjasama tersebut saat ini tidak berjalan maksimal lantaran pandemi covid-19.  Pun demikian, lanjut dia, Undana akan menyurati Polda NTT, guna membekali mahasiswa baru terkait wawasan kebangsaan. Hal tersebut diamini Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Siprianus S. Garak, M. Sc.

Rektor menambahkan, dalam kepemimpinannya, melarang mahasiswa menggunakan knalpot racing dan bonceng tiga. Kemudian pihaknya juga tidak segan-segan memberi sanksi bagi mahasiswa yang tidak memakai helm dalam lingkungan kampus. Menurutnya, Undana seharusnya tidak menciptakan “negara dalam negara”. Guru Besar Ekonomi Pertanian itu bahkan pernah mengizinkan pihak kepolisian menertibkan mahasiswa yang tidak memakai helm dalam lingkungan Undana. Sebab menurutnya, Undana masih dalam wilayah NKRI.

Di sela-sela pertemuan itu, Kabid Humas Polda NTT, Krisna menyerahkan media Tribata News kepada Rektor Undana, Prof. Fred Benu. Rektor berjanji komitmen dan Kerjasama antara Undana dan Polda NTT akan tetap dilanjutkan. [rfl/ds]

Comments are closed.