Kuliah Tamu Pandemi Cavid-19 dan Capaian IKU

Untuk kesekian kalinya Program Studi Agribisnis (Prodi Agribisnis) pada Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Nusa Cendana (Undana) mengadakan berbagai jenis seminar baik lokal, maupun nasional di fakultas itu melalui aplikasi zoom. Kali ini Prodi Agribisnis menggelar Kuliah Tamu, akibat  situasi pandemi covid-19, proses belajar mengajar di seluruh perguruan Tinggi di Indonesia bahkan di dunia mengalami hambatan. Sehingga setiap unsur perguruan tinggi dituntut berpikir kreatif dan bertindak cerdas dan cepat untuk dapat mengatasi hambatan yang dialami dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Dosen senior Prodi Agribisnis Faperta Undana, DR. Ir. D. Roy Nendissa,MP, selaku Ketua Panitia pada kuliah tamu tersebut mengatakan, dalam semester ganjil 2020/2021, Prodi Agribisnis telah memprogramkan pelaksanaan kuliah tamu, yang menghadirkan pembicara dari beberapa perguan tinggi terkemuka di Indonesia. “Jadi tujuan kuliah tamu tersebut adalah mengoptimalkan proses belajar-mengajar dan memberikan wawasan baru kepada mahasiswa dan dosen Prodi Agribisnis Faperta Undana terutama pada masa pandemi covid-19 sehingga kita harus belajar dari rumah. Selain itu, memberikan penyegaran, menambah wawasan mahasiswa dengan mendatangkan dosen tamu dari Perguruan Tinggi lain yang lebih berkualitas serta meningkatkan wawasan dan kompetensi mahasiswa dalam bidang mata kuliah tertentu,” ungkapnya.

Mantan Wakil Rektor Bidang Adm.Umum dan Keuangan Undana itu lebih lanjut menjelaskan, kuliah tamu kali ini lebih fokus pada kriteria penilaian Akreditasi Program Studi 4.0  berdasarkan 9 Kriteria, khususnya penilian dalam kriteri 6 tentang Pendidikan. Lebih khusus lagi pada capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) tentang pendidikan, pembelajaran dan suasana akademik,  sehingga sudah sangat tepat Prodi Agribisnis mengadakan Kuliah Tamu ini sebagai usaha bersama guna meningkatkan pengetahuan, pengalaman dan kompetensi mahasiswa sekaligus dalam upaya bertahap dan terus-menerus mendukung Merdeka  belajar, Kampus Merdeka pada Prodi Agribisnis Faperta Undana.

Selain itu, katanya, pelaksanaan kuliah tamu dipandang sebagai suatu kesempatan bagi mahasiswa untuk menimba ilmu dari pakar-pakar atau dosen senior yang sangat berpengalaman dan kompeten dalam bidang keilmuanya dan  berasal dari Perguruan Tinggi Negeri berkualitas dengan sasaran peserta  kuliah tamu wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa berdasarkan Peminatan pada prodi Agribisnis Faperta Undana. Dosen Faperta khususnya dosen pada Prodi Agribisnis, serta mahasiswa dan dosen dari luar Prodi bahkan dari luar Undana. Sementara pelaksanaan kuliah tamu untuk semester Ganjil 2020/2021 kali ini dilaksanakan sebanyak enam kali dengan menghadirkan enam dosen senior/pakar yang berpengalaman dengan topik terkini dan dilaksanakan secara daring dengan aplikasi Zoom meeting yang difasilitasi dari LP3M Undana. Sebelumya, acara kuliah umum perdana dari enam kegiatan dibuka oleh Dekan Faperta Undana, Dr.Ir. Damianus Adar dengan pembicara Prof.Dr. Masyhuri, dosen Faperta UGM dan beberapa pembicara lainnya.

Dalam sambutannya Dekan, Damianus Adar memberikan apresiasi kepada pimpinan Jurusan/Prodi Agribisnis dan panitia yang dengan sukarela dan kerja keras memprogramkan dan melaksanakan kegiatan kuliah tamu ini. Kegiatan ini berlangsung sebanyak 6 kali dengan topik yang berbeda. Kegiatan ini sangat mendukung program Kemendikbud tentang Merdeka Belajar, Kampus Merdeka. Dekan juga mengajak Faperta UGM untuk dapat bekerja sama membantu Faperta Undana dalam pengembangan dibidang keilmuan dan pengabdian kepada masyarakat. [ds]

Comments are closed.