Bidang Minat

Budidaya Perairan

Budidaya Perairan dikenal juga sebagai Akuakultur, dimana kamu belajar tentang Pengelolaan Kualitias Air, Pembenihan Ikan, Rekayasa Akuakultur, Penyakit Ikan, Manjemen Kesehatan Ikan, Nutrisi dan Pemberian Pakan.

Jurusan Budidaya Perairan atau Akuakultur biasanya berada pada Fakultas Kelautan dan Perikanan. Pada Jurusan Budidaya Perairan, kamu belajar tentang budidaya ikan air tawar, payau, maupun laut. Tak hanya menyangkut pertambahan kuantitas ikan melalui pembibitan, pemeliharaan, kesehatan, dan teknologi pakan, Budidaya Perairan juga menyangkut tentang kelestarian lingkungan di mana budidaya ikan tersebut dilakukan.

Budidaya Perairan memang lebih kompleks. Selain mempelajari tentang teknologi pembenihan ikan atau penyakit ikan, kamu juga akan belajar tentang Biologi, Fisika, dan Kimia perairan. Manajemen Kesehatan Ikan, Bioteknologi Akuakultur, Pengembangan Pakan Ikan, Biologi Perairan Darat, dan Pengembangan Industri Perikanan adalah beberapa matakuliah yang akan kamu ikuti selama menjadi mahasiswa Jurusan Budidaya Perairan.

Ilmu yang diperoleh dibangku kuliah nantinya akan mengantarkanmu menjadi seseorang yang dapat mengelola lingkungan perairan, menguasai teknologi pembenihan, menerapkan teknologi akuakultur, meningkatkan nilai tambah sumberdaya perikanan dan kelautan, menumbuhkan usaha perikanan, mengendalikan hama dan penyakit ikan, hingga menguasai teknologi pakan dan nutrisi ikan. Dengan kata lain, kamu memiliki kompetensi dalam penguasaan dan penerapan keilmuan, kewirausahaan, dan manajemen dibidang perikanan.