(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Proses Pembelajaran Mata Kuliah

Proses Pembelajaran OBE dalam Mata Kuliah Oseanografi Melibatkan Small Group Discussion dan Studi Kasus

[Kupang/Universitas Nusa Cendana] – Pendidikan di Program Studi Budidaya Perairan Universitas Nusa Cendana (Undana) semakin berkembang dengan diterapkannya metode Outcome-Based Education (OBE) dalam pembelajaran, khususnya dalam mata kuliah Oseanografi. Salah satu pendekatan yang diterapkan adalah Small Group Discussion dan Studi Kasus, dengan fokus pada aspek-aspek yang berkaitan dengan marikultur.

Metode pembelajaran OBE memberikan perhatian khusus pada hasil yang diinginkan dan kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa setelah menyelesaikan suatu mata kuliah. Penerapan metode ini memberikan pengalaman belajar yang lebih terlibat dan relevan, serta meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis mahasiswa.

Small Group Discussion: Kolaborasi Mahasiswa dalam Meningkatkan Pemahaman Oseanografi

Salah satu komponen utama dari proses pembelajaran ini adalah Small Group Discussion. Mahasiswa dibagi ke dalam kelompok kecil, memungkinkan mereka untuk berkolaborasi, berdiskusi, dan mengembangkan pemahaman mendalam tentang topik oseanografi yang berkaitan dengan marikultur. Dengan adanya interaksi yang lebih intens, mahasiswa dapat saling bertukar ide, memecahkan masalah bersama, dan mengasah kemampuan interpersonal mereka.

Dosen pembimbing memainkan peran penting dalam memandu diskusi kelompok kecil ini, memberikan arahan, dan memberikan wawasan tambahan. Proses ini tidak hanya membantu mahasiswa memahami konsep-konsep oseanografi, tetapi juga melatih mereka untuk bekerja dalam tim, sebuah keterampilan yang sangat diperlukan dalam dunia kerja di bidang budidaya perairan.

Studi Kasus: Memahami Tantangan Marikultur secara Praktis

Penerapan Studi Kasus menjadi langkah berikutnya dalam pembelajaran OBE. Mahasiswa diberikan kasus nyata terkait dengan marikultur, yang memungkinkan mereka untuk menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam konteks dunia nyata. Ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih bermakna tetapi juga membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan analisis, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti kondisi lingkungan, teknologi terkini, dan aspek ekonomi, mahasiswa belajar bagaimana menerapkan pengetahuan oseanografi untuk meningkatkan praktek marikultur. Dalam diskusi kelompok dan sesi kelas, mahasiswa dapat berbagi ide dan solusi untuk menangani tantangan yang dihadapi dalam budidaya perairan.

Manfaat bagi Mahasiswa dan Industri Budidaya Perairan

Proses pembelajaran OBE dengan menggunakan Small Group Discussion dan Studi Kasus di mata kuliah Oseanografi memberikan manfaat ganda. Mahasiswa tidak hanya mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep oseanografi, tetapi juga mengembangkan keterampilan kritis dan praktis yang sangat diperlukan dalam industri budidaya perairan.

Dengan demikian, program studi budidaya perairan di Undana berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode-metode inovatif yang relevan dengan tuntutan industri. Diharapkan, mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini akan menjadi lulusan yang siap bersaing dan memberikan kontribusi positif dalam pengembangan sektor budidaya perairan, khususnya dalam konteks marikultur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *