(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Penyuluhan Pembuatan Pakan Ikan

Penyuluhan Pembuatan Pakan Ikan di Desa Benu Kecamatan Takari Kabupaten Kupang

Tim Pengabdian

 Dr. Ir. Agnette Tjendanawangi, M.Si dan Dr. Yuliana Saloso, S.Pi,. M.P

Di tengah semangat pengembangan pertanian dan perikanan yang berkelanjutan, Desa Benu, yang terletak di Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang, telah menggelar sebuah kegiatan penyuluhan yang mengubah paradigma para peternak ikan. Kegiatan ini difasilitasi oleh para ahli dan praktisi di bidang perikanan, bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pembuatan pakan ikan yang berkualitas dan ramah lingkungan.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh puluhan peternak ikan dari Desa Benu dan sekitarnya, para peserta diperkenalkan pada berbagai metode inovatif dalam pembuatan pakan ikan yang tidak hanya ekonomis tetapi juga lebih ramah lingkungan. Diskusi intensif dan demonstrasi praktis menjadi landasan utama penyampaian informasi, memungkinkan para peternak untuk memahami proses pembuatan pakan yang efektif dan dapat mereka terapkan di skala kecil maupun besar.

Kehadiran para ahli di bidang perikanan membuka wawasan baru bagi peternak di Desa Benu. Mereka diperkenalkan pada sumber daya lokal yang dapat digunakan untuk menciptakan pakan ikan yang berkualitas, seperti limbah pertanian yang terbarukan. Selain itu, pakan ikan yang dihasilkan dari bahan-bahan lokal juga dijelaskan memiliki dampak lingkungan yang lebih rendah, membantu menjaga keberlanjutan sumber daya alam.

Salah satu hal penting yang disoroti dalam kegiatan ini adalah upaya untuk meningkatkan kemandirian peternak ikan. Dengan pemahaman yang diperoleh dari penyuluhan ini, para peternak diharapkan dapat menghasilkan pakan ikan sendiri, mengurangi ketergantungan pada pakan buatan pabrik yang seringkali mahal dan sulit dijangkau. Hal ini diharapkan akan memberikan dampak positif dalam hal ekonomi serta mengurangi jejak lingkungan karena penggunaan pakan komersial yang berpotensi menciptakan dampak negatif.

Kegiatan penyuluhan ini diakhiri dengan semangat tinggi dari para peternak ikan di Desa Benu. Mereka berkomitmen untuk menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh, tidak hanya untuk keberlangsungan usaha mereka sendiri tetapi juga sebagai bagian dari kontribusi terhadap kemandirian perekonomian lokal. Harapan besar terpancar dari setiap wajah peserta, menandakan dorongan kuat untuk menciptakan perubahan positif yang berkelanjutan.

Dengan semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya keberlanjutan sumber daya alam dan keberagaman pangan, kegiatan penyuluhan seperti ini diharapkan dapat terus dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini akan membantu memperkuat peran masyarakat dalam mendukung pertanian dan perikanan yang lebih ramah lingkungan serta berkelanjutan di Desa Benu dan sekitarnya.

Kehadiran penyuluhan pembuatan pakan ikan di Desa Benu bukan hanya sebuah acara, tetapi merupakan langkah nyata menuju perubahan yang lebih baik dalam pola pikir dan tindakan peternak ikan untuk mencapai kemandirian dan keberlanjutan. Ini adalah langkah awal yang signifikan menuju masa depan pertanian dan perikanan yang lebih baik di wilayah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *