(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Dampak Perubahan Iklim

Mengembangkan Aplikasi Citra Satelit untuk Pemodelan Dampak Lingkungan dan Sosial dari Perubahan Iklim terhadap Budidaya Rumput Laut di Indonesia

Sebuah proyek inovatif tengah dilakukan untuk mengembangkan aplikasi citra satelit guna memodelkan dampak lingkungan dan sosial yang ditimbulkan oleh perubahan iklim terhadap budidaya rumput laut di Indonesia. Proyek ini bertujuan untuk memetakan area produksi rumput laut melalui analisis citra satelit, yang akan memungkinkan pemantauan perubahan penggunaan laut secara lebih efektif.

Metode yang akan digunakan dalam proyek ini adalah pendekatan campuran yang meliputi tiga langkah utama. Pertama, tim peneliti akan mengembangkan teknologi visi komputer dan alat pembelajaran mesin untuk menganalisis citra satelit guna memantau produksi rumput laut. Kedua, dalam rangka mendapatkan estimasi produksi yang akurat, proyek ini akan melakukan “ground-truthing” dengan menggunakan pengukuran oseanografi serta merujuk pada catatan produksi pertanian di tiga lokasi studi kasus, yaitu di Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku. Dan ketiga, akan dilakukan penelitian sosial kualitatif untuk mengeksplorasi persepsi masyarakat terkait variabilitas iklim dan strategi ketahanannya, dengan tujuan mengidentifikasi intervensi yang tepat.

Organisasi-organisasi Indonesia yang terlibat dalam proyek ini adalah Universitas Hasanuddin, Pusat Penelitian dan Pengembangan Kelautan, Pesisir, dan Pulau-Pulau Kecil, PT. Jaringan Sumber Daya, Universitas Nusa Cendana, Fakultas Peternakan, Kelautan, dan Perikanan, Universitas Gadjah Mada, Fakultas Geografi, Politeknik Perikanan Negeri Tual, Departemen Teknologi Pasca Pengolahan Perikanan. Sementara itu, dari pihak Australia, proyek ini melibatkan Griffith University, Griffith Asia Institute Agribusiness stream, The University of Queensland, School of Agriculture and Food Sustainability, dan School of Information Technology and Electrical Engineering.

Proyek ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan teknologi pemantauan perubahan lingkungan dan sosial yang berbasis citra satelit, sehingga dapat memperkuat sektor budidaya rumput laut di Indonesia di tengah tantangan perubahan iklim yang semakin nyata. Dengan kolaborasi antarlembaga dan perbatasan negara, proyek ini menandai upaya bersama dalam mengatasi permasalahan kompleks dan mendesak terkait lingkungan dan pertanian di kawasan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *