2021, PPs Undana Buka Jalur Kuliah Online S2-S3

Direkur Program Pascasarjana (PPs) Universitas Nusa Cendana (Undana), Prof.Drs. Mangadas Lumban Gaol,M.Si.,Ph.D melakukan terobosan baru  membuka jalur kuliah  online atau virtual untuk S2 dan S3 bagi peserta calon pendidikan tinggi dimana saja, terutama diseluruh Kabupaten/Kota di NTT untuk mengikuti perkuliahan melalui online atau virtual. Hal ini sesuai dengan pernyataan Mendikbud RI, Mas Nadiem Makarim yang kemungkinan perkuliahan virtual ini bisa bersifat parmanen, sehingga PPs Undana bergerak cepat menangkap peluang tersebut untuk membuka open semester, bagi siapa saja yang berkesempatan mendaftar sebagai mahasiswa S2-S3 untuk mengikuti perkuliahan secara online atau virtual.

Hal tersebut disampaikan Prof. Mangadas Lumban Gaol dalam suasana ujian terbuka promosi doktor di lingkungan PPs Undana, 12 November lalu. “Sebagai informasi, saat ini PPs Undana memiliki 10 Program Studi dengan jumlah mahasiswa 600 orang lebih. Pertengahan Oktober 2020, kami sudah melakukan kunjungan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Alor yang telah disambut baik oleh Bupati Alor, Drs, Amon Djobo, dan saya sudah berbicara dengan Pak Bupati Alor, sehingga sudah ada sekitar 43 orang pejabat yang mau mengirimkan namanya untuk kuliah secara virtual. Bahkan Pak Bupati sudah memberikan warning kepada para pejabat yang dibawahnya untuk segera memanfaatkan kesempatan yang baik ini, karena menurutnya pejabat yang tidak melakukan studi lanjut, maka akan diberhentikan. Aalasannya, karena zaman sekarang percepatan pengetahuan berkembang begitu cepat. Kalau pejabatnya pengetahuannya masih seperti zaman dulu, maka tidak bisa melakukan perubahan atau terobosan secara cepat,” kata Lumban Gaol.

Ia menuturkan,  Undana saat ini memiliki lebih dari 400 dosen bergelar Doktor atau S3, sehingga mmemiliki kemampuan untuk meningkatkan sumber daya manusia di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Selain Kabupaten Alor, dalam waktu dekat ini kami juga akan menjejaki kerjasama dengan Kabupaten Ratoe Ndao dan  beberapa kabupaten lainnya di NTT, dan  akan disusul dengan kabupaten-kabupaten lainnya untuk kerjasama pendidikan tinggi dengan Undana. “Jadi rencana  membuka jalur perkuliahan secara virtual  untuk calon mahasiswa baru S2 maupun S3  di seluruh Kabupaten di NTT. Jadi nanti calon  mahasiswa baru yang dari kabupaten tidak perlu hadir tatap muka dalam perkuliahan, tetapi perkuliahannya dilakukan online atau virtual,” ungkap Lumban Gaol. [ds]

Comments are closed.